Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Thursday, March 2, 2017

Pemerintah Pusat Setujui Pembentukan Polda Kaltara

BalikPapan(KALTARA).BM ~ Pembentukan Kepolisian Daerah Kalimantan Utara (Polda Kaltara) diprediksi akan terwujud tahun ini. Terkait personelnya, Gubernur Kaltara, Dr. H. Irianto Lambrie mengaku sudah mendapat persetujuan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur. Pun demikian dengan Markas Polda (Mapolda) Kaltara yang telah dipersiapkan pemerintah daerah.

Irianto mengatakan pihak Mabes Polri juga telah mempersiapkan pembangunan Mapolda yang akan dibangun dalam satu kawasan pemerintahan di Kota Baru Mandiri. “Dari Mabes Polri sudah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan fisik Polda,” kata gubernur saat ditemui usai memberikan pembekalan kepada para siswa bintara SPN Polda Kaltim, kemarin (28/2).

Untuk lokasi Mapolda, Pemprov telah menyiapkan lahan dengan luas 22 hektare. “Kita hanya menyiapkan lahannya, untuk pembangunan fisik nanti dari Mabes Polri,” jelasnya.

Lebih lanjut, gubernur mengungkapkan, pembangunan fisik Mapolda ditargetkan bisa dimulai pada 2018. Namun jika Polda secara organisasi sudah terbentuk,

untuk sementara Korps Bhayangkara ini akan menempati Gedung DPRD Kabupaten Bulungan di Kilometer (KM) 9, Bumi Rahayu, Tanjung Selor.

“Kantor itu sudah siap, tinggal pembenahan sedikit. Tim dari Polda Kaltim maupun Mabes Polri juga sudah meninjau langsung ke sana,” aku gubernur.

Ditegaskannya, Pemprov Kaltara berkomitmen untuk membantu menyiapkan sarana dan prasarana pembentukan Polda Kaltara. “Kalau untuk perkantoran (Mapolda), sementara itu dulu (Kantor DPRD Bulungan), tidak apa-apa. Saya rasa dari Polri akan memaklumi itu, karena kita sebagai provinsi baru. Perkantoran kita pun rata-rata masih menyewa,” kata gubernur.

Gubernur meyakini terbentuknya Polda Kaltara sangat membantu pengamanan di wilayah Kaltara. Apalagi melihat tingkat kerawanan keamanan Kaltara yang berada di perbatasan, tidak sebanding dengan jumlah personel Polri di wilayah ini.

Sebelumnya, antara Polri dan Pemerintah Daerah di Kaltara telah beberapa kali bersua untuk membahas percepatan pembentukan Mapolda. Mulai dari Koordinasi hingga peninjauan lokasi secara langsung di Kaltara. Bahkan pihak Mabes Polri mengaku pembentukan Polda Kaltara menjadi perhatian serius Kapolri. Wujudnya, Polri telah memaparkan perencanaan ini di hadapan Komisi III DPR RI. (*)
" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 31 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS