Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Tuesday, April 18, 2017

Ini Dia, Jaringan Pencuri Mobil Truk Fuso Antar Provinsi, Dua Masih Buron

Pelaku Yang Berhasil Diamankan
SUMSEL.BM~ Kalau dahulu para pencuri lebih tertarik mencuri kendaraan bermotor seperti motor dan mobil ukuran kecil, namun saat ini, para pencuri mulai melirik kendaraan berukuran besar.

Bahkan tidak tanggung-tanggung, kendaraan jenis truk Fuso mulai menjadi incaran para pencuri. Hal ini terungkap ketika Kepolisian Resor Muaraenim, Sumatera Selatan, pada hari Minggu tanggal 16 April 2017, berhasil mengungkap dan menangkap enam pelaku komplotan jaringan pencurian antar Provinsi yakni tersangka JO, 47 thn, warga Kampung Harapan Jaya, Kelurahan Panjang Selatan, Kabupaten Bandar Lampung, YM, 53 thn, warga Kampung Rawabugel, Bekasi, KO, 42 thn dan SU Alias DA, keduanya warga Simpang Gas, Desa A2 Belian Jaya, Kecamamatan Tungkal Jaya, Kabupaten Muba, yang keempatnya sudah tertangkap.

Sedangkan dua tersangka lainnya yakni IH, 32 thn dan RN, 32 thn keduanya warga Desa Belimbing Jaya, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Muaraenim, masih dalam pengejaran. 

Dari informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, pada hari Minggu tanggal 16 April 2017, terungkapnya komplotan pencurian antar provinsi ini, bermula ketika adanya laporan dari korban inisial LW, 60 thn, karyawan PT. DM, dengan LP / B / 13 / IV / 2017 / Reskrim.

Polsek Gunung Megang, pada tanggal 13 April 2017, yang kehilangan satu unit mobil fuso di dalam parkiran SPBU Talang Padang, Dusun IV Desa Dalam, Kecamatan Belimbing Kabupaten Muaraenim, pada hari Kamis tanggal 13 April 2017 sekira pukul 06.00 wib lalu.

Atas laporan tersebut, petugas dibawah pimpinan Katim Buser Polsek Gunung Megang, Aiptu Padli bersama Tim Opsnal Reskrim Polres Ogan Ilir, melakukan penyelidikan dan akhirnya diketahui dan menangkap salah satu tersangka YM yang bertugas membawa mobil ke Lampung.

Dari keterangan tersangka YM, akhirnya petugas berhasil memancing pelaku Jonison (penadah) untuk bertemu dengan tersangka YM. Dan keesokan harinya pada hari Jumat tanggal 14 April 2017 sekira pukul 03.00 wib, tersangka JO datang menemui tersangka YM, di tempat yang ditentukan dan langsung dibekuk bersama barang bukti mobil Fuso di Ogan Ilir dan langsung dibawa ke Polsek Gunung Megang Resor Muaraenim.

Kemudian dari keterangan kedua tersangka, akhirnya muncul nama baru tersangka KO dan DS yang saat itu diduga sebagai pemetik kendaraan fuso tersebut.

Atas informasi tersebut, kemudian tim Opsnal Polsek Gunung Megang bersama tim Opsnal Polres Muaraenim di bawah pimpinan Kanit Pidum Polres Muaraenim, Iptu Alpian SH, melakukan pengejaran terhadap tersangka KO dan DS.

Namun keduanya sangat licin dan selalu berpindah-pindah tempat seperti di Prabumulih, PALI, Rambang Dangku, Sungai Rotan hingga akhirnya berhasil ditangkap di SPBU Lembak sekira pukul 21.00 wib.

Dari keterangan tersangka KO dan DS, petugas kembali mendapatkan pelaku lainnya yakni IH dan RN yang hingga sampai saat ini masih dalam pengejaran.

Kapolres Muaraenim, AKBP Leo Andi Gunawan didampingi Kasubag Humas AKP Arsyad Agus, mengatakan jika komplotan ini adalah para pelaku kejahatan pencurian kendaraan antar provinsi dan cukup teroganisir. Mereka mempunyai tugas dan peran masing-masing.

Untuk tersangka YM, berperan sebagai pembawa mobil curian tersebut dari Ogan ilir menuju Bandar Lampung dan menerima upah sebesar Rp. 900 ribu rupiah dari tersangka KO.

Tersangka KO dan Suhati ini memang  spesialis perantara jual beli mobil hasil kejahatan di wilayah Palembang, Jambi dan Lampung, ujar Kapolres Muaraenim.

Saat ini, lanjut Kapolres Muarenim, keempat tersangka sudah diamankan bersama barang bukti satu buah kunci kontak mobil truk Fuso merek Mitsubishi BG 8342 UH milik PT Dratama Mulya senilai Rp. 550 juta rupiah, uang sebesar Rp. 900 ribu rupiah yang disita dari tersangka YM, satu unit mobil Merek Escudo warna hitam Nopol BG 1060 QM milik tersangka KO.

Atas perbuatannya, para tersangka akan dikenakan pasa 363 KUHPidana.





#Gan/Humas Opr PID Bid Humas
" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 31 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS