Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Thursday, April 13, 2017

PM Lebanon Sambut Baik Semua Kerjasama Bilateral Dengan Indonesia

LIBANON.BM~ Duta Besar RI untuk Lebanon, Achmad Chozin Chumaidy bertemu dengan Perdana Menteri Lebanon Saad Hariri (11/4). Pertemuan ini merupakan pertemuan resmi pertama dengan Hariri sebagai Perdana Menteri. 

"Kami menyampaikan salam hormat dari Presiden RI Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla kepada Saad Hariri atas  penetapan dirinya sebagai Perdana Menteri Lebanon," jelas Dubes Chumaidy.

Perdana Menteri Hariri menyambut baik segala bentuk kerjasama dengan Indonesia yang dapat memberikan manfaat bagi kedua Negara.

Hubungan bilateral Indonesia-Lebanon berjalan dengan baik dalam segala bidang. "Beberapa kerjasama telah berjalan dengan baik, khususnya  kerjasama dalam bidang pendidikan dan pertukaran budaya. Selain itu kerjasama ekonomi juga sedang mengalami peningkatan dan kedepan akan menjadi prioritas untuk terus dikembangkan," tutur Dubes Chumaidy.

Diantara potensi-potensi ekonomi yang dapat digali oleh pemerintah Lebanon, menurutnya, adalah peluang untuk mendatangkan para wisatawan Indonesia ke Lebanon. Hal ini mengingat setiap tahunnya terdapat puluhan ribu jamaah umrah asal Indonesia yang mayoritas melanjutkan perjalanannya untuk berwisata ke beberapa negara di kawasan. "Namun sampai saat ini baru ke Turki, Mesir, Yordania dan Uni Emirat Arab yang menjadi tujuan," jelasnya Dubes Chumaidy.

Ia juga menjelaskan bahwa banyak hal yang dapat digali oleh Lebanon dari Indonesia, termasuk pengalaman Indonesia dalam hal pemberdayaan Perempuan yang menjadi konsen pemerintah Hariri. Saat ini di bawah pemerintahannya, Lebanon baru dapat membentuk Kementerian pemberdayaan perempuan, dan masih berdebat dalam hal pemberian kuota perempuan di parlemen. 

Menanggapi hal tersebut, Perdana Menteri Hariri mengatakan bahwa ia akan menjadwalkan untuk berkunjung ke Indonesia setelah beberapa file di Pemerintahan dapat diselesaikan. Saat ini yang menjadi perhatian utama adalah pembahasan mengenai Undang-Undang Pemilu yang baru.

"Saya ingin sekali berkunjung ke Indonesia, jika beberapa agenda utama di pemerintahan sudah kami selesaikan. Begitu juga kami akan sangat terhormat jika Yang Mulia Presiden Indonesia dapat berkunjung ke Lebanon," ujar Hariri.

Dubes Chozin menyambut baik niat tersebut dan akan menyampaikannya ke Presiden Jokowi agar dapat diagendakan kunjungan dimaksud. 


#Gan/Humas KBRI Beirut/Yo2k
" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 31 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS