Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Friday, June 23, 2017

Bukber Penghujung Ramadhan, Sekretaris DPD PPWI Sumbar: Ramadhan Kuatkan Silaturrahmi dan Jangan Lupakan Zakat Fitrah

Padang(SUMBAR).BM- Bulan Ramadhan memang kerap dimanfaatkan sebagai ajang mempererat silaturahim. Demikian pula halnya dengan Jurnalist Kota Padang yang bernaung dibawah bendera media wawasan. Buka puasa bersama dilaksanakan untuk meningkatkan silaturahim dan persaudaraan ini digelar di Kantor Media Wawasan Jalan Delima No. 77 Ujung Gurun Kecamatan Padang Barat, kota Padang, Sumatera Barat, Rabu (22/06/2017).

Acara buka bersama (bukber) ini dihadiri Sekretaris DPD PPWI (Persatuan Pewarta warga Indonesia) Sumatera Barat Syamsurizal, Pendiri Media Wawasan Syafriwal dan Pimpinan Umum SKM Wawasan Syafrizal serta jurnalist juga para undangan.

Dikesempatan itu Syamsurizal memberikan Tausiah tentang "Jalankan Ramadhan dan jangan lupakan Zakat Fitrah" karena akan tersiakan puasa jika terlambat membayar Zakat.

"Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dibayar oleh setiap muslim yang hidup dan menjumpai bulan Ramadhan. Bila seorang muslim meninggal pada tanggal 1 Ramadhan pagi hari, atau tanggal 30 Ramadhan sore hari, maka keluarganya berkewajiban membayarkan zakat fitrah," terang Syamsurizal.

Lanjutnya, "Jika kita mengikuti sejarah perintah membayar zakat fitrah, maka waktu yang disarankan adalah pada saat matahari terbenam bersamaan dengan malam takbir Hari Raya Idul Fitri. Idul Fitri adalah hari kemenangan bagi umat muslim oleh karena itu kita harus menyenangkan fakir miskin dan anak yatim dengan memberi zakat.

Zakat fitrah merupakan penyempurna amal ibadah selama bulan Suci Ramadhan. Jika Anda mampu membayar, pastikan Anda tidak terlewat waktu mengeluarkan zakat fitrah. Jika tidak, maka hal tersebut akan menjadi dosa besar karena melanggar salah satu rukun Islam," Ungkap Syamsurizal yang juga seorang guru agama Islam di SMK Dhuafa Kota Padang. 

Salah satu pendiri Media Wawasan Syafriwal dalam kata sambutan jelang bukber mengatakan berkumpul dan bersilaturrahmi bukan hanya dilakukan pada bulan Ramadhan tapi bisa setiap saat dan tidak ada hari apapun yang menghalanginya.

"Sebaiknya acara silaturrahmi ini kita buat berjangka dan kumpulkan semua jurnalist dan kabiro daerah, baik yang berada di Sumbar maupun yang diluar Sumbar, karena kebersamaan ini indah dan silaturrahmi dianjurkan oleh Islam," harapnya.

Bukber yang berlangsung sederhana dihiasi canda dilanjutkan Shalat Magrib dan berakhir setelah kumandang Azan Shalat Isya. 



#Gan
" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 31 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS