Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Wednesday, December 20, 2017

2.603 Pelajar dan Mahasiswa Raih Beasiswa Kaltara Cerdas


Tanjung Selor(KALTARA).BM– 2.603 pelajar dan mahasiswa mendapatkan beasiswa Kaltara Cerdas 2017. Hal ini bersamaan dengan diluncurkan dan diserahkannya bantuan tersebut secara simbolis oleh Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie di Auditorium Universitas Kaltara (Unikal), Selasa (19/12).

Dalam sambutannya, Irianto menjelaskan jika peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) harus terus ditingkatkan. Salah satunya dengan membentuk karakter masyarakat yang positif melalui lembaga pendidikan. “Yang dilakukan adalah salah satu bagian mewujudkan tujuan kita bernegara dan melaksanakan pembangunan bangsa, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Dan kita hadir di sini, saya selaku Gubernur bergembira pada akhirnya bisa dilakukan peluncuran beasiswa Kaltara Cerdas,” ujar Irianto.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya, Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB-PGRI) Dr Abduzen, Ketua Umum Gerakan Nasional Peduli Anti Narkoba, Tawuran dan Anarkis (Gepenta) Brigadir Jenderal (Brigjen) Pol (Purn) Dr Parasian Simanungkalit, Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltara Brigjen Pol Ery Nursatari dan Ketua Dewan Pendidikan Kaltara Herwansyah.

Dijelaskan Irianto, beasiswa sangat penting guna meningkatkan jumlah atau kualitas masyarakat. Terlebih Kaltara, merupakan daerah baru yang masih membutuhkan peningkatan kualitas SDM agar mampu bersaing dengan daerah lain. “Adanya beasiswa Kaltara Cerdas ini, adalah bentuk komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara dalam mengawal kualitas sumberdaya manusia di Kaltara,” jelasnya.

Irianto menceritakan, wujud komitmen ini sudah dilakukan sejak menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Kaltara, dimana telah dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan sejumlah perguruan tinggi terbaik di Indonesia. “Dan hasilnya, lebih dari ratusan anak Kaltara dapat mengenyam pendidikan tinggi di kampus terbaik di Indonesia bahkan di luar negeri,” paparnya.

Karena itu, Irianto mengajak agar masyarakat tidak terjebak oleh perilaku negatif. Pendidikan, lanjutnya merupakan salah satu sarana upaya untuk melakukan perubahan di masyarakat. “Karena itu pendidikan begitu penting bagi kita. Pendidikan itulah yang akan menuntun manusia kepada jalan kebaikan,” jelasnya.

Sebab, dalam melalui pendidikan karakter manusia akan terus terasah. Irianto berharap, di Kaltara akan lahir SDM yang memiliki karakter yang mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik. “Yang berat diubah itu adalah karakter manusia,” sebutnya.

Sedangkan untuk mekanisme penyalurannya, lanjut Irianto, dana bantuan pendidikan Beasiswa Kaltara Cerdas 2017 berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Kaltara Nomor 188.44/K597/2017, tanggal 18 Desember 2017 tentang Pemberian Bantuan Dana Pendidikan Beasiswa Kaltara Cerdas Provinsi Kalimantan Utara Tahun Anggaran 2017. Dalam peluncuran itu juga dilaksanakan penandatanganan MoU antara Dewan Pendidikan dengan sejumlah pimpinan cabang bank di Tanjung Selor. “Untuk pelajar dan mahasiswa yang berdomisili di Kaltara, penyaluran menggunakan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltimtara berdasarkan MoU yang telah ditandatangani. Penyalurannya pun sesuai dengan besaran yang telah ditetapkan tidak ada pemotongan dan biaya administrasi apapun dari Dewan Pendidikan,” papar Gubernur.

Sedangkan untuk mahasiswa yang menempuh studi di luar Kaltara, penyaluran dilakukan sesuai dengan rekening bank yang diusulkan pada saat proses pendaftaran.


#Gan/ Humas Kaltara

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 11 Oktober 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS