Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Tuesday, December 12, 2017

Gaya Komunikasi Pak Jokowi Unik dan Non Konvensional


JAKARTA.BM- Komunikasi dalam politik itu penting untuk menunjukkan bagaimana seorang pemimpin berinteraksi dengan rakyatnya. Presiden Jokowi adalan salah satu pemimpin yang memiliki gaya komunikasi yang unik. Gaya komunikasi yang tak berjarak dengan rakyat. Bukan hanya komunikasi konvensional yang kaku. Meski dia seorang presiden.

"Gaya komunikasi Presiden Joko Widodo,  memiliki cara unik. Pendekatan komunikasinya bersifat non konvensional," kata Tjahjo saat menjadi pembicara kunci di acara seminar bertajuk, " Gaya Komunikasi Jokowi: Membangun Budaya Dialogis dalam Masyarakat Pluralis, " di Universitas Kristen Indonesia (UKI), di Jakarta, Senin (11/12), dilansir dari kemendagri.go.id.

Keunikan dan gaya komunikasi tak konvensional itu lanjut Tjahjo diperlihatkan Presiden lewat gaya blusukannya. Selain itu, presiden juga paham pentingnya komunikasi lewat media sosial. Dan itu kemudian yang dikonkritkan kepala negara melalui media sosial seperti lewat video blooging atau vloog.

"Sikap Presiden Jokowi  dalam berkomunikasi, beliau  tidak mengedepankan aturan protokoler," katanya.

Pun ketika memberi pernyataan atau berdialog, selalu dengan santai. Keunikan lainnya, untuk tetap dekat dengan rakyatnya, presiden kerap memberikan pertanyaan dan membagikan hadiah. Ini tentu, jadi ciri khas yang unik dari kepala negara. Sehingga, rakyat pun merasa tak berjarak dengan pemimpinnya.

"Presiden juga tidak ragu untuk melakukan kontak fisik dengan siapapun," ujar Tjahjo.

Menurut mantan Sekjen PDIP  itu, Gaya komunikasi non-konvensional yang diperlihatkan Presiden Jokowi sudah diterapkan sejak masih menjabat sebagai Walikota Solo. Dan tidak berubah hingga sekarang. Tjahjo mencontohkan saat presiden berdialog dengan masyarakat. Dialog yang dilakukan selalu disampaikan secara santai dan tidak berjarak.

"Komunikasi juga cenderung dilakukan secara terbuka. Termasuk saat berkomunikasi dengan masyarakat dari berbagai kalangan. Komunikasi dua arah yang dilakukan bapak Presiden," kata Tjahjo.


#Gan

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 11 Oktober 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS