Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Saturday, December 9, 2017

Wagub Christiandy Sanjaya Ajak Umat Hindu Jaga Perdamian dengan Umat Lainnya


Pontianak(KALBAR).BM- Wakil Gubernur Kalbar Drs Christiandy Sanjaya, SE, MM didampingi Dirjen Binmas Hindu Kemenag RI Prof I Ketut Widnya, Sekjen PHDI Pusat Ir I Ketut Parwate, dan Ketua PHDI Kalbar Ida Sri Resi Dukuh Putra Bandem meresmikan Sanggraha Wiguna Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kalbar, dengan penandantangan prasasti dan pengguntingan pita di Halaman Pure Giripati Mulawarman, Sungai Raya, Jumat (8/12).

Menurut Wakil Gubernur Kalbar Drs Christiandy Sanjaya, SE, MM,  kehadiran Sanggraha Wiguna PHDI Kalbar ini tentunya memberikan makna yang mendalam dalam rangka meningkatkan kualitas ibadah dan keyakinan kita akan ajaran dan teladan Tuhan. “Sanggraha Wiguna sebagai sarana pembinaan umat, hendaknya dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan Umat Hindu dalam rangka membentuk mental spiritual,” kata Drs Christiandy Sanjaya, SE, MM.

Wagub Kalbar juga berharap, Sanggraha Wiguna juga dapat secara langsung memberikan pengaruh positif pada kehidupan sosial kemasyarakatan, serta dapat turut serta berpartisipasi bersama-sama dengan umat lainnya, dalam menciptakan suasana yang aman, damai dan kondusif, baik intern umat Hindu maupun dengan umat lainnya di Kalbar, khususnya di Kabupaten Kubu Raya, dalam rangka upaya bersama dengan Pemerintah mensukseskan pembangunan nasional dan daerah.

“Namun jauh lebih penting, dari pembangunan Sanggraha Wiguna ini adalah untuk membangun mental dan hati para umatnya, agar semakin dapat menghayati apa yang diajarkan Tuhan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Apalah artinya sebuah bangunan yang megah tanpa diimbangi dengan “kemegahan” sikap dan perilaku serta iman pemeluknya,” ujarnya.

Pembinaan dan pembangunan di bidang agama di Provinsi Kalbar mempunyai kedudukan dan baik intern umat Hindu maupun dengan umat lainnya di Kalbar khususnya di Kabupaten Kubu Raya, dalam rangka upaya bersama dengan Pemerintah mensukseskan pembangunan nasional dan daerah.

“Saya berharap agar Sanggraha Wiguna PHDI kalbar dapat dimanfaatkan sesuai kegunaan dan fungsinya. Jadikan tempat ini sebagai sarana untuk memperkuat Iman dan silaturahmi dengan umat beragama lainnya di Kalbar,” harapnya.

Sementara itu, Dirjen Binmas Hindu Kemenag RI I Ketut Widnya memberikan Apresiasi dan penghargaan kepada PHDI Kalbar yang telah membangun Sanggraha Wiguna ini. Sementara itu Ketua Umum PHDI Pusat Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya mengatakan Keberadaan Sanggraha Wiguna ini tentu merupakan salah satu upaya PHDI Kalbar dalam meningkatkan peran dan fungsinya sebagai pengejawantahan tugas pokok.

“Dengan keberadaan gedung ini akan semakin banyak kegiatan yang dapat dilaksanakan, baik berupa kegiatan keagamaan, pendidikan, sosial budaya, dan berbagai kegiatan yang bermanfaat lainnya,” katanya dalam sambutan yamg disampaikan Sekjen PHDI Pusat I Ketut Parwate.

PHDI Pusat juga sangat bangga atas upaya dan usaha yang telah ditempuh sehingga gedung ini dapat berdiri dengan megah.

Ketua PHDI Kalbar Ida Sri Resi Dukuh Putra Bandem mengatakan pembangunan gedung ini berjalan dalam kurun waktu 5 tahun dan dibangun atas dasar swadaya umat dan bantuan pemerintah, BUMN maupun bumd sehingga bangunan gedung ini dapat terbangun, walaupun dengan waktu yang relatif lama. “Gedung ini kita bangun dalan kurun waktu 5 tahun atas swadaya umat dan bantuan pemerintah,” kata Ida Sri Resi Dukuh Putra Bandem.


#Gan/ Humas Pemprov Kalbar

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Selasa 15 Oktober 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS