Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Saturday, February 10, 2018

Antisipasi Konflik Pilkada, Polda Bengkulu Gelar Simulasi Pengamanan Kota


BENGKULU.BM- Dalam rangka antisipasi penanganan konflik sosial, tindakan anarkis dan rusuh masa jelang pilkada serentak 2018, tahapan pemilihan legislatif serta pilpres 2019, Polda Bengkulu melakukan pengecekan kesiapan satuan tugas fungsi operasional salah satunya dengan menggelar simulasi sispam kota.

Simulasi yang digelar di jalan pariwisata pantai panjang menampilkan skenario kericuhan yang terjadi saat pilwakot 2018.  Sekelompok masa menyerbu kantor Komisi Pemilihan Umum karena tidak terima akan hasil pilwakot dan meminta KPU dibubarkan.

Massa yang datang ditemui tim negosiator dari polres Bengkulu, namun massa yang emosi tetap mencoba masuk ke kantor KPU yang langsung dihadang pasukan dalmas dengan tameng dan coba dibubarkan dengan mobil water canon.

Akrnya aksi ini dapat dibubarkan setelah pihak kepolisian menerjunkan personel pengurai massa dan unit k-9 (anjing pelacak) dan suasana kembali konddusif.

Dijelaskan Kapolda Bengkulu Brigjen. Pol. Coki Manurung pelatihan sistem pengamanan kota merupakan moment penting dan strategis untuk mengetahui kesiapan operasional anggota Polri berikut sarana dan prasarana dalam rangka pengaman Pilwakot Bengkulu 2018 serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019

“Saya berharap terwujudnya kesiapsiagaan Polda Bengkulu dalam rangka pengamanan pelaksanaan pemilihan Walikota Bengkulu 2018, guna dapat memelihara kamtibmas, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat serta menegakkan hukum guna memberikan situasi kantibmas yang kondusif

Selain itu, pelatihan simulasi ini diharapkan dapat  meningkatkan kinerja Polri hingga mampu  menampilkan kesiapan personil yang responsif dan adaptif dengan didukung peralatan yang memadai. mampu berfikir focus dan selektif dalam bertindak serta cermat dalam rangka rangka mengantisipasi konflik sosial serta menghadapi berbagai ancaman secara professional, proporsional dan akuntable guna menjawab harapan dan tuntutan masyarakat.

Lanjut Coki, kesuksesan Polri beserta stake holder lainnya dalam mengamankan Pemilu 2014 lalu hendaklah menjadi motivasi untuk lebih optimal dalam meningkatkan pengamanan Pilwakot tahun 2018.

Turut hadir dalam acara ini mewakili Plt. Gubernur Kepala Satuan Pamong Praja Provinsi Bengkulu, Juniwanto, wakil ketua II DPRD provinsi Suharto dan Pasangan calon Walikota dan Wakil walikota 2018. 


# Fredy/ Media Center-Humas Pemprov Bkl

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 31 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS