Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Sunday, February 25, 2018

Waspadai Dracunculus Medinensis Penyebab 'Guinea-worm' Parasit Hidup Keluar Dari Tubuh Manusia



Sejarah
Guinea worm telah ditemukan pada mumi di Mesir. Tercatat dalam tulisan bangsa Mesir kuno medis terkenal, papirus Ebers dari 1550 SM. Nama ilmiah yang pertama sekali diberikan pada cacing ini adalah Gordius medinensis, Linnaeus pada tahun 1758. The dracunculiasis namanya berasal dari bahasa Latin penderitaan "Oleh naga kecil" ( . Nama umum "cacing Guinea" muncul setelah bangsa Eropa pertama kali melihat penyakit di Guinea pantai Afrika Barat pada abad ke-17.
Penderita Guinea worm disease (GWD).

Penyakit apa yang disebabkan oleh Dracunculus medinensis

Negara
Tempat
2007
2008
2009
Sudan
5.815
3.618
2.751
Ghana
3,358
5,018
242
Mali
313
417
186
Ethiopia
-
41
24
Tabel distribusi penyebaran Guinea worm
Dracunculus medinensis menyebabkan penyakit dracunculiasis yang biasa disebut dengan Guinea worm disease (GWD). Individu menjadi terinfeksi oleh air minum yang mengandung kutu air yang menyimpan larva cacing Guinea. Yang menyebabkan rasa sakit, luka kulit meradang dan radang sendi yang melemahkan.

Asam lambung mampu mencerna kutu air; Namun, larva cacing Guinea bertahan. Selama lebih/kurang setahun, larva cacing Guinea betina betina akan tumbuh menjadi dewasa ukuran penuh yang panjangnya bisa dua sampai tiga kaki. Cacing betina dewasa ini kemudian bermigrasi dan muncul dari kulit ke manapun di tubuh, tapi biasanya di bagian bawah tungkai dan kaki.

Siklus Hidup 
KLASIFIKASI ILMIAH CACING GUINEA
Kingdom
Animalia
Phylum
Nematoda
Class
Secernentea
Order
Camallanida
Superfamily
Dracunculoidea
Family
Dracunculidae
Genus
Dracunculus
Species
Dracunculus medinensis

Epidemiologi penyakit ini sebagian besar ditentukan oleh penggunaan sumber air terbuka stagnan seperti kolam dan kadang-kadang dangkal atau sumur langkah. Kolam buatan manusia merupakan sumber utama penularan.



Cacing guinea menyebar dari orang ke orang dengan cara berikut:

– Lalat air yang kecil memakan telur-telur cacing.

– Orang lain meminum air tersebut dan menelan lalat serta telur-telur cacing yang ada di dalam air.

– Orang yang terinfeksi dengan lukanya yang terbuka menceburkan diri ke dalam air.

Beberapa telur secara lambat berkembang menjadi cacing di bawah kulit. Setelah setahun, sebuah luka terbentuk ketika cacing menembus kulit untuk meletakkan telur-telurnya.
Penyakit cacing Guinea bersifat musiman, terjadi dengan dua pola luas yang ditemukan di daerah endemik Afrika, tergantung pada faktor iklim.

Di zona Sahelian, transmisi umumnya terjadi pada musim hujan (Mei sampai Agustus).

Di savana lembab dan zona hutan, puncaknya terjadi di musim kemarau (September sampai Januari).

Namun, ada variasi lokal dalam pola ini. Faktor risiko lainnya adalah mobilitas dan infeksi yang terjadi pada tahun sebelumnya.

Tanda Penyakit 'Guinea worm'

Biasanya terjadi pembengkakan di pergelangan kaki yang sangat sakit, tapi dapat pula berkembang di mana saja di seluruh tubuh. Beberapa hari sampai seminggu kemudian terbentuk lecet kulit seperti melepuh yang dalam sekejap pecah dan menjadi luka terbuka. Hal ini sering terjadi ketika sedang berdiri di air atau sedang mandi.

Bagian ujung dari cacing guinea yang berbentuk seperti benang putih dapat terlihat menjulur keluar dari luka. Selama minggu berikutnya cacing tsb berusaha membuat jalan untuk keluar dari tubuh.

Jika lukanya kotor dan terinfeksi, atau jika cacingnya putus ketika kita berusaha menariknya keluar, rasa sakit dan bengkaknya bertambah dan membuat penderita sulit berjalan.

 

 

Diagnosa

Manifestasi lesi pada infeksi ini, mirip dengan infeksi kulit seperti karbunkel, selulitis yang dalam, gumma, onchocercarian, dan beberapa penyakit lain. Diagnosa klinis dapat dibuat bila terdapat ‘garis linier’ berliku-liku pada permukaan kulit dan ditemukannya papula atau vesikula pada salah satu ujung garis tersebut serta munculnya gejala prodromal /sistemik. Tanda dan gejala tersebut biasanya terdapat pada infeksi cacing ini. Komplikasi kronik seperti arthritis, synovitis, ankylosis dan kontraktur ditambah riwayat pernah memasuki daerah endemis, juga dapat dipakai untuk membuat diagnosa klinis penyakit ini. Diagnosa pasti biasanya dibuat berdasarkan :


1. Ditemukannya cacing dewasa, baik dengan penyinaran cahaya maupun saat ujung anterior cacing betina gravid sampai pada permukaan kulit.

2. Ditemukannya larva pada cairan vesikula yang diperiksa secara mikroskopik.

3. Ditemukannya kalsifikasi pada jaringan subcutan pada pemeriksaan radiologis.

4. Tes intradermal dengan cara menyuntikkan antigen cacing.

5. Eosinofilia pada pemeriksaan darah rutin.

 Pencegahan

A. Minumlah hanya air dari sumber bawah tanah yang bebas dari kontaminasi, seperti tangan-sumur galian atau sumur.

B. Selalu filter air minum, menggunakan kain halus-mesh filter seperti nilon, untuk menghapus mengandung cacing Guinea.

C. Mencegah orang dengan cacing yang muncul dari guinea masuk kolam dan sumur yang digunakan untuk air minum.

D. Sumber air dapat diobati dengan disetujui larvicide yang membunuh Copepods, seperti Abate, tanpa berpose risiko besar untuk manusia atau hewan liar lainnya.

Tapi pencegahan yang diunggulkan adalah Minumlah air yang telah dipanaskan dengan suhu 100°C.

Pengobatan

1. Niridazole (Ambilhar) dengan dosis 25 mg/bb/hari selama 15 hari. Pada anak-anak diberikan dalam dosis bagi. Dosis maksimal adalah 1,5 gram/hari.

2. Metronidazole, diberikan dengan dosis 3×250 mg pada dewasa dan 25 mg/bb dalam dosis bagi 3 pada anak-anak, selama 10 hari.

3. Thiabendazole 50 mg/bb/hari selama 2 hari. Obat ini memiliki efek samping yang lebih minimal daripada Metronidazole.

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. Selalu konsultasikan pada dokter Anda!.

# Gan / cdc.gov/ who.int/ ehagroup.com/ ncbi.nlm.nih.gov/ vidio youtube[How Guinea worm disease went from 3 million cases to 126 | Mashable]

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 31 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS