Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Saturday, March 17, 2018

Kepala Anti Korupsi China Wang Qishan Tunjuk 'Xi Jinping' Sebagai Wakil

Wang Qishan berjabat tangan dengan Presiden Xi Jinping setelah menjadi wakilnya.(AFP/GETTY)
Parlemen China telah menyetujui Xi Jinping untuk masa jabatan kedua dan menunjuk Wang Qishan sebagai wakil presidennya.

Surat suara di Kongres Rakyat Nasional dengan suara bulat menyetujui Xi sementara Wang menerima 2.969 suara yang mendukung dan hanya satu yang menentangnya.

Wang Qishan sebelumnya bertanggung jawab atas penyelidikan korupsi di China.

Dia adalah sekutu lama Presiden Xi dan elevasinya dipandang sebagai konsolidasi lebih lanjut kekuatan pemimpin China tersebut.

Pembatalan batas kepresidenan China baru-baru ini meluas ke wakil presiden, memberi posisi lebih penting daripada sebelumnya.

Konstitusi China memungkinkan wakil presiden untuk "membantu" dalam pekerjaan atasannya dan menjalankan tugas kepresidenan atas namanya, yang berarti Wang Qishan, mungkin dalam perannya seumur hidup, bisa jauh lebih banyak daripada tokoh pendahulunya.

Siapa Wang Qishan?
Wang, 69, telah memegang sejumlah posisi penting sejak mulai bekerja untuk Partai Komunis China pada tahun 1980an sebagai peneliti kebijakan.

Dia menjadi walikota Beijing selama wabah Sars di sana pada tahun 2003, dan merupakan ketua eksekutif komite Olimpiade kota tersebut menjelang pertandingan 2008.

Pada tahun 2007, dia bergabung dengan Politbiro China dan pada tahun 2009 menjadi pemimpin utama presiden Hu Jintao dalam pembicaraan perdagangan dengan AS.

Mantan sekretaris treasury AS Henry Paulson menggambarkannya pada saat itu sebagai "penentu dan penasaran", dan memiliki "selera humor yang jahat".

Namun, Wang terkenal karena penyelidikan anti korupsi paling baru pasca China.

Kampanye tersebut, yang dikuasai oleh Wang sebagai kepala Komisi Pusat untuk Disiplin Inspeksi, diluncurkan pada tahun 2012 di bawah pemimpin partai yang baru diangkat, Xi Jinping.
# Gan | BBC

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 31 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS