Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Monday, March 12, 2018

Pelabuhan Pulau Baai Bakal Jadi Pelabuhan Integrated Port

Pelindo-Pertemuan Plt Gubernur Bengkulu bersama Direktur Utama PT Pelindo II Elvyn G. Masassya, Direksi dan GM PT Pelindo II dalam Agenda Silahturahmi dan Paparan Tentang Rencana Pembangunan Pelabuhan Pulau Baai. (Foto: Humas Pemprov Bengkulu)

BENGKULU.BM- Pelabuhan Pulau Baai bakal dijadikan pelabuhan integrated port oleh Pelindo II. Intergrated Port sendiri dapat dimaknai sebagai pelabuhan yang terkoneksi dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Integrated Port sendiri direncanakan akan di lauching pada bulan April – Mei sesuai dengan rencana kedatangan Presiden RI ke Bengkulu. Disamping terminal ternak atau Instalasi karantina Hewan yang juga akan di implementasikan.

Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pada kesempatan ini mengharapkan Pelabuhan Pulau Baai dapat menjadi penggerak perekonomian Bengkulu.

“Kita ingin infrastruktur pelabuhan ini betul – betul menjadi mesin penggerak Bengkulu, sehingga lahan yang 1200 Ha itu betul – betul produkif menjadi pusat investasi industri pengeolahan dan seterusnya,” jelas Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Pelabuhan Pulau Baai sendiri adalah pelabuhan dengan kawasan terluas yang dikelola oleh Pelindo II dengan luas 1200 Ha, ini merupakan kelebihan dibandingkan dengan pelabuhan lain di Indonesia.

“Keberadaan Pulau Baai itu bisa menjadi pintu masuk arus gerak ekonomi ke Bengkulu khsusnya dan tentu tidak menutup kemungkinan untuk kawasan Sumatera,” harap Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Pengembangan Pulau Baai sendiri selain dapat menggerakan perekonomian Bengkulu juga dapat mempercepat pembangunan infrastruktur Provinsi Bengkulu kedepannya.

“Ini jadi pemicu pembangunan Tol dan Kereta Api akan semakin dipercepat ketika ada Pelabuhan Pulau Baai yang pengembangannya semakin pesat” ungkap Plt. Gubernur Rohidin Mersyah.

Direktur Utama Pelindo II Elvyn G. Masassya mengungkapkan selain Integrated Port dan terminal ternak juga akan dilakukan pemberian serfikat kepada kampung nalayan, ketiga hal ini menjadi fokus kerja sama antara Pelindo II di Bengkulu dengan Provinsi Bengkulu.

“Kami kira positif sekali hal – hal yang didiskusikan tadi dan ini bisa menjadikan bukti bagaimana antara BUMN dan Pemerintah Provinsi berkoordinasi, bersinergi untuk sama – sama membangun daerah setempat,” terang Elvyn G. Masassya.

Terkait progres yang telah dicapai pihaknya mengungkapkan bahwa sampai saat ini sudah sampai tahap finalisasi, karena sudah dibentuk tim antara Pemprov Bengkulu dan tim dari Pelindo II, sehingga kedepan tinggal finalisasi untuk implementasikan peresmiannya.

Tampak hadir dalam agenda ini GM Pelindo II baru Hambar Wiyadi menggantikan GM Pelindo II sebelumnya Drajat Sulistyo yang juga turut hadir, Jajaran Dirreksi Pelindo II,  Asisten II Setda Provinsi Bengkulu Yusliwani, serta Kepala OPD Provinsi Bengkulu terkait. 


# Gan | Morecka – Media Center, Humas Pemprov Bengkulu

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 31 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS