Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Tuesday, November 13, 2018

AS Pastikan Pembunuh Jamal Khashoggi Dihukum

Mike Pompeo. ( Foto: EPA)

New York(AS).BM- Sekretaris Negara Amerika Serikat, Mike Pompeo menegaskan setiap individu yang terlibat dengan pembunuhan wartawan Arab Saudi akan dipertanggungjawabkan ketika menyampaikan ke Putera Mahkota Arab Saudi, Mohammed Salman melalui telepon.

Pembunuhan Jamal Khashoggi di konsulat Arab Saudi di Istanbul dan perang di Yaman, dua penyebab utama yang memperburuk hubungan dua negara sekutu Washington dan Riyadh sejak berdekade lama.

Pangeran Mohammad dikatakan terlibat dengan dua kontroversi itu, ia dikatakan menjadi perancang utama terhadap intervensi Arab Saudi di Yaman dan perencana utama pembunuhan Khashoggi yang juga orang Amerika, pada 2 Oktober lalu.

"Sekretaris negara menegaskan Amerika Serikat (AS) bakal menahan mereka yang terlibat dengan pembunuhan Jamal Khashoggi, dibawa kemuka pengadilan dan Arab Saudi juga harus melakukan yang sama," kata juru bicara Departemen Negara, Heather Nauert dalam satu pernyataan.

Para diplomat AS sebelumnya mengatakan pembunuhan Khashoggi 'melanggar norma-norma hukum internasional' dan AS melihat kemungkinan untuk menjatuhkan hukuman pada orang-orang yang diidentifikasi.

Namun, Pompeo dan Presiden Donald Trump menekankan pentingnya hubungan komersial, strategis dan keamanan dengan negara penghasil minyak.

Pada saat sama, Presiden Turki, Tayyip Erdogan meningkatkan tekanan terhadap Arab Saudi dengan mengatakan Turki bakal mengungkapkan rekaman yang terkait dengan pembunuhan Khashoggi dengan Riyadh, Washington dan beberapa negara lain tanpa memberikan rincian spesifik.

Setelah menyangkal berulang kali, Arab Saudi akhirnya mengakui bahwa jurnalis berusia 59 tahun itu tewas dalam misi diplomatiknya dalam operasi yang dikenal sebagai 'nakal'. 




# Gan | AFP

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 31 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS