Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Friday, November 16, 2018

Banjir Rob Landa Donggala, Tambah Derita Warga Pascagempa dan Tsunami


Palu(SULTENG).BM- Gempa bermagnitudo 7,4 SR yang melanda Sulteng pada 28 September lalu, praktis membuat banyak warga kehilangan harta benda termasuk rumah-rumah yang rubuh akibat gempa dan bencana setelahnya yaitu tsunami dan likuifaksi.

Itulah yang dialami Masyarakat Desa Tompe dan Lende, Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala yang mesti hidup di pengungsian karena rumahnya rubuh ataupun terendam banjir rob.
Terkait itu, Sekprov mengecek langsung kondisi dua desa, sekaligus menyerahkan bantuan kepada Warga Desa Tompe dan Lende, Kamis(15/11).

Camat Sirenja Hasan, S.Pd menuturkan ke Sekprov bahwa pascabencana kemarin, sebagian besar wilayah dua desa itu direndam air rob 2 kali dalam sebulan."Biasanya mulai dari jam 4 sore, air laut naik merendam rumah-rumah warga di sepanjang pantai sampai di pinggir-pinggir jalan trans," ujarnya melaporkan kondisi 2 desa.

Akibatnya warga pun mengungsi di titik-titik yang bebas air rob. Namun, lanjut camat lagi, kondisi di pengungsian sungguh memprihatinkan karena ada sejumlah KK yang belum mendapat tenda.

"Baru ada 30 tenda, kami masih butuh banyak, 420 lagi," kata camat menyebut jumlah KK di Tompe yang membutuhkan (tenda) ke Sekprov Hidayat.

Atas laporan itu, sekda akan segera menindak lanjutinya. "Nanti ada paket (bantuan) Kami kirimkan kemari," janji sekprov saat melihat lokasi pengungsi.Ia juga mengharap supaya semangat warga yang sudah bangkit tidak kendor lagi karena keterbatasan yang ada di pengungsian.

"Jadi bangkit Sulteng, (harus) sekolah lagi yah nak," tukas Sekprov menyemangati arti sulteng bangkit ke anak-anak pengungsi.

Usai melihat titik pengungsi di Desa Tompe, Sekprov lalu menyerahkan bantuan pangan dan sandang, bersama Kadis Sosial Ridwan Mumu di Desa Lende dan lanjut meninjau calon lokasi huntara di lapangan Desa Sipi bersama relawan asing dari organisasi Shelter Box.
 


# Gan | Humas Prov Sulteng

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Selasa 15 Oktober 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS