Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Tuesday, November 13, 2018

Dinsos Gelar Sosialisasi LK3 Dengan Stakeholder Se-Kota Padang Tahun 2018


Padang(SUMBAR).BM- Kemajuan teknologi dan dampak kemiskinan telah menggeser nilai-nilai budaya kita sebagai orang timur sehingga terjadi penelantaran orang tua, eksploitasi terhadap orang tua sehingga menjadi pengemis, pemulung dan gelandangan di jalan.

Fenomena ini juga terjadi di daerah kita khususnya Kota Padang yang pada dasarnya karakter dan budaya orang minang sangat menghormati orang tuanya, dan mengabdi kepada keluarganya.

Dengan Fenomena yang terjadi tersebut menimbulkan tanda tanya, ada apa dengan orang minang yang sangat menjunjung adat istiadat dan agamanya, adat basandi sarak, sarak basandi kitabullah.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Sosial Kota Padang, Amasrul mewakili Wali Kota Padang saat membuka acara Sosialisasi Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) bersama Stakeholder Se-Kota Padang di Hotel The Axana Padang, Senin (12/11).

Dijelaskan Amasrul, di Panti Sosial saat ini banyak yang dirawat kondisi lansia yang sakit, hidup bergantung pada orang lain, terbaring di tempat tidur, ini semua akan menjadi perhatian dan beban Pemerintah saat ini.

“Untuk itu perlu kita diskusikan masalah ini bagaimana kedepannya, karena hal ini akan menjadi bom waktu yang akan menimbulkan masalah baru, dan upaya-upaya apa yang harus kita lakukan saat ini,”terang Amasrul.

Dengan sosialisasi ini, saya berharap pada para peserta dan nara sumber bisa menyampaikan rumusan langkah-langkah terbaik yang harus kita lakukan untuk keberadaan lansia kedepannya dan tanggungjawab moral apa yang harus dilakukan keluarga lansia tersebut.

“Panti merupakan pilihan terakhir, mari kita upayakan lansia lebih sehat, aktif dan mandiri, karena kita akan menghadapi ledakan lansia yang diproyeksikan tahun 2020 menjadi 28,8 juta jiwa,”pungkas Amasrul.

Sementara itu Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Indriati mengatakan LK3 ini adalah lembaga atau organisasi yang memberikan pelayanan Konseling, Konsultasi, Advokasi, Pemberian Informasi, Penjangkauan, Perlindungan dan Pendampingan bagi keluarga secara profesional termasuk merujuk sasaran ke lembaga pelayanan dirinya.

Tujuan pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini adalah untuk menguatkan pemahaman layanan Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) kepada pemangku kepentingan (Stakeholder) yang ada di Kota Padang dalam rangka mewujudkan kesejateraan sosial.

Tema yang diangkat dalam kegiatan sosialisasai LK3 dengan Stakeholder Tahun 2018 ini adalah “Lansia Dibebani atau Menjadi Beban”. Sasaran dari sosialiasi ini berjumlah 150 orang yang terdiri dari Penanggungjawab Operasional LK3 dan jajarannya, Camat Se-Kota Padang, Pengurus LK3 Kota padang, Pekerja Sosial, TKSK Se-Kota Padang, Perwakilan IPSM, Karang taruna, Tagana, Orsos, dan PKH, SKPD terkait dan Organisasi Masyarakat.

Sedangkan Narasumbernya dari Badan Diklat Kementrian Sosial, Perguruan Tinggi UNP, Dinas Sosial Provinsi Sumatera barat dan Dinas Sosial Kota Padang.

“Pada Kesempatan ini juga dilaksanakan pelayanan konseling bagi Lansia dan Keluarga Lansia sebanyak 22 orang atau 2 orang perkecamatan,”ucap Indriati.



# Gan | Humas/VN

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 31 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS