Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Tuesday, November 27, 2018

Pemko Apresiasi Dialog Politik Yang Digelar Kesbangpol Provinsi Sumbar


Padang(SUMBAR).BM- Pemerintah Kota Padang mengapresiasi kegiatan dialog politik bersama pimpinan organisasi kemasyarakatan dan tokoh masyarakat perempuan serta generasi muda di Kota Padang yang diadakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumatera Barat.

Kegiatan tersebut di buka oleh Kepala Kantor Kesbangpol Kota Padang, Mursalim mewakili Wali Kota Padang di Hotel Basko Premier, Selasa (27/11).

Dikesempatan tersebut Mursalim mengatakan, tidak lama lagi akan diadakan Pemilihan Anggota Legislatif dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, agar pemilihan tersebut berjalan dengan aman dan sukses tanpa ada gejolak, maka peran ibuk-ibuk yang hadir dalam acara ini sebagai tokoh masyarakat, tokoh perempuan, pimpinan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) sangat diharapkan peran sertanya untuk mensukseskan pemilu ini.

Pemilu ini tidak akan sukses oleh Pemerintah saja, tapi juga ada peran kita bersama Ormas yang dibentuk karena adanya kesamaan tujuan, kesamaan aspirasi, kesamaan kepentingan diantara kelompok masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan, mewujudkan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 45.

“Oleh sebab itu untuk mensukseskan Pemilu Tahun 2019 nanti, peran Ormas, peran dari masyarakat yang lainnya sangat diharapkan secara bersama-sama untuk mensukseskan pemilu ini,”ujar Mursalim.

Lebih jauh dikatakan Mursalim, melihat fenomena yang terjadi saat sekarang ini selain berita bohong, ujaran kebencian, kami dari Kesbangpol Kota Padang juga melihat dalam pemilu kali ini adanya politisasi Suku, Agama, Ras,dan Antar Golongan (SARA). Hal itu ada upaya yang dimunculkan oleh elit-elit politik kita yang bertarung didalam pemilu Tahun 2019 nanti.

Bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa, sebagai tokoh perempuan, tokoh Ormas jangan terpengaruh isu tersebut dimunculkan untuk menjatuhkan lawan-lawan politik. Yang paling sensitif sekali isu agama, jangan isu ini diangkat dalam pemilu 2019, kalau ini diangkat, kita bisa berbenturan dengan saudara kita yang beragama lain.

“Dengan adanya kegiatan Dialog Politik ini, saya berharap kegiatan ini tidak hanya sekali ini saja diadakan, karena masyarakat Kota Padang jumlahnya hampir 1 juta jiwa, yang akan memilih dalam pemilu lebih kurang 500 ribu lebih dalam DPT terakhir,”ungkap Mursalim.

Ditambahkan Mursalim, Kalau seluruh pemilih di Kota Padang diberikan informasi tentang pendidikan politik ini, saya yakin disamping pemilu 2019 sukses, partispasi pemilih juga akan meningkat, salah satu indikator keberhasilan pemilu itu disamping aman juga meningkatnya partisipasi pemilih.

“Mudah-mudahan acara ini sukses, apa yang kita lakukan ini sesuai dengan tujuan dari Kesbangpol Provinsi Sumbar, pemilu 2019 dapat berlangsung dengan aman, tertib dan melahirkan pemimpin Indonesia yang betul betul mewakili seluruh masyarakat indonesia,”pungkas Mursalim.

Sementara itu Panitia pelaksana kegiatan, Asih Nurhadi menyampaikan, tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman serta pengetahuan terhadap proses demokrasi di daerah daerah agar demokrasi di daerah berjalan dengan aman tertib dan lancar serta sesuai dengan kaidah-kaidah dan aturan yang berlaku.

Hasil yang diharapkan dalam pelaksanaan dialog politik ini adalah untuk meningkatkan pemahaman serta pengetahuan terhadap sistem etika dan budaya politik di daerah dalam rangka mewujudkan kehidupan demokrasi yang aman, tertib dan damai.

Sedangkan peserta dalam dialog politik ini sebanyak 175 orang yang terdiri dari pimpinan Ormas serta tokoh masyarakat perempuan di Kota Padang.

Nara sumber kegiatan Dialog Politik ini yang pertama Dosen Fisip Unand dengan Judul Materi Pemilu sebagai Wahana Pendidikan Politik, yang kedua Ketua Gerakan Anti Narkoba (GAN) Provinsi Sumbar Judul Materi Pentingnya Pendidikan Politik dalam Pengembangan Budaya Politik yang Demokratis, dan selanjutnya Kepala Kesbangpol Provinsi Sumatera Barat dengan Judul Materi Peran Pemerintah Daerah dalam Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019.



# Gan | Humas/VN

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Selasa 22 Oktober 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS