Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Tuesday, January 8, 2019

Sekda Hijazi: Beras Riau Banyak Dijual Ke Luar Daerah



Pekanbaru(RIAU).BM- Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Hijazi mengatakan, petani di Provinsi Riau sebenarnya cukup produktif dalam memproduksi padi. Bahkan, mampu menjadi sentral padi.

Permasalahannya, kata Sekdaprov, hingga saat ini para petani di daerah justru memilih menjual hasil padinya kepada provinsi lain. Salah satu pertimbangan para petani ini, diantaranya terkait akses transportasi dan iming-iming harga yang lebih tinggi.

"Banyak beberapa daerah memproduksi padi tapi banyak yang berasnya diperdagangkan ke luar daerah," kata Sekda Hijazi di Pekanbaru, Jumat (4/1/2019).

Kondisi tersebut, lanjut Hijazi, sering membuat pasokan beras di dalam daerah sendiri tidak stabil. "Image nya seolah-olah padi kita itu cuma dari luar, padahal banyak beras kita yang pergi (dijual, red) ke luar," imbuhnya.

Ia memberikan contoh, seperti halnya di Sungai Gergaji dan Reteh, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Pada dasarnya, daerah tersebut merupakan lumbung padi yang bisa mencukupi kebutuhan beras di Inhil, bahkan Riau. Hanya saja, beras-beras di sana sering dijual di Provinsi Jambi.

"Mereka jual ke Jambi, alasannya dari sisi berdekatan dan lebih dekat jual ke sana. Begitu juga dengan yang dari Payakumbuh Sumatera Barat, mungkin mereka juga ambil berasnya dari Kampar karena dekat," tuturnya. 


# Gan | MCR/rat

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Senin 07 Oktober 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS