Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Monday, April 22, 2019

4.000 Lebih Pendemo Protes Proyek Bendungan Cina di Myanmar

Warga protes proyek bendungan Irrawaddy Myitsone di Waimaw, dekat ibukota Myitkyina dari Negara Kachin, Myanmar. (Foto; AFP)

Yangon(MYANMAR).BM- Lebih 4.000 warga di utara Myanmar membanjiri jalan untuk memprotes usulan pembangunan kembali proyek bendungan dipimpin Cina yang diduga akan mempengaruhi lingkungan dan tidak begitu menguntungkan negara, Senin (22/04).

Protes dimulai beberapa hari setelah kunjungan pemimpin publik, Aung San Suu Kyi ke Beijing untuk menghadiri KTT Cina s Belt and Road Initiative.

Pada tahun 2009, mantan pemimpin junta militer Myanmar menandatangani perjanjian dengan Beijing untuk membangun bendungan Myitsone di negara bagian Kachin.

Dua tahun kemudian, proyek US $ 3,6 miliar (RM14,8 miliar) dihentikan setelah protes dari publik dan transisi ke demokrasi.

Jika bendungan 6.000 megawatt itu dibangun di atas Sungai Ayeyarwaddy, ia akan menenggelamkan daerah seluas Singapura, menyebabkan perpindahan berpuluh ribu penduduk.

"Myitsone adalah warisan leluhur kami dan kami tidak bisa kehilangannya," kata seorang pemrotes, Tang Gun kepada AFP melalui telepon.

Dia mengatakan lebih dari 4.000 orang berpartisipasi dalam pawai itu sementara ribuan petisi yang ditandatangani menandatangani dukungan mereka untuk protes.

Diketahui bahwa Suu Kyi juga memprotes pembangunan bendungan sebelum partai itu memenangkan pemilihan yang lebih besar pada 2015. 




# Gan | AFP

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 31 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS