Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Monday, April 29, 2019

Blusukan ke Desa Terpencil di Musirawas, Herman Deru Naik Perahu


Musirawas(SUMSEL).BM- Rangkaian kegiatan  Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru dalam kunjungan kerjanya  di Kabupaten Musirawas, Senin (29/4) diisi dengan jumlah agenda diantaranya melakukan blusukan ke dusun  Sri Pengantin Desa Pasenan Kecamatan STL Ulu Terawas.

Dusun Sri Pengantin secara administratif masuk dalam wilayah desa Pasenan yang letaknya jauh dari pusat keramaian dan masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

Satu-satunya akses jalan menuju dusun yang dihuni lebih kurang 40 KK tersebut hannya menggunakan moda transfortasi air jenis perahu ketek yang membutuhkan waktu tempuh 2 jam lebih dari dermaga  desa Pasenan.

Saat akan menuju dusun Sri Pengantin, Gubernur didampingi Ketua TP PKK Sumsel Hj. Febrita Lustia, Bupati Musirawas H.Hendra Gunawan dan unsur Forkompinda Musirawas, menyempatkan diri meresmikan Dermaga desa Pasenan yang ditandai dengan memecahkan kendi. Sontak saja prosesi ini menjadi harapan baru bagi warga sekitar. Sebagai tanda akan mulai terbukanya akses menuju dan keluar dusun Sri Pengantin yang selama ini nyaris  belum menikmati hasil pembangunan.

Kedatangan Herman Deru dan rombongan di dusun Sri Pengantin disambut antusias warga. Mengingat selama ini belum ada satupun Gubernur Sumsel yang memijakan kaki di dusun mereka. Dan baru kali ini ada gubernur yang dinilai peduli dengan kondisi mereka.

Dihadapan warga Gubernur berkanji akan mrmbangunkan dermaga yang representatif di desa Pasenan dan Dusun Sri Pengantin. Mengingat akses  penghubung desa Pasenan dan dusun Sri Pengantin satu-satunya akses melului sungai.

"Pada tahun 2020 akan kita bangunkan dermaga kerjasama antara Pemkab. Mura dan Pemprov," tegas Herman Deru.

Gubernur menilai seni budaya dan kearifan lokal di dusun Sri Pengantin patut dipertahankan dan harus terus dikembangkan sebagai destinasi wisata alam  di Sumatera Selatan.

"Kedepan daerah ini akan kita jadikan sebagai kawasan destinasi wisata alam di Sumsel. Kita lihat kondisi alamnya yang masih terjaga. masyarakat yang masih menjaga kearifan lokal. Patut kita apresiasi," tambahnya.

Herman Deru mengaku bangga dapat berkunjung  ke daerah tersebut. Karena itu dia meminta jangan sampai alam sekitar dirusak, air jernih dipertahankan, ikan yang banyak juga  dipertahanakan.

"Ikan ini jangan  di putas, kayu-kayu ini jangan ditebang, kalau itu dilakukan maka itu akan merusak. Jagalah tempat ini. Saya minta kepada pihak kepolisian, para tokoh, pemerintah daerah untuk mengawasi. Inilah pentingnya pertahankan kearifan lokal dan menjaga alam," tandasnya sembari mengaku ada keinginan untuk menginap dikawasan tersebut.

Sementara itu,  Bupati Musi Rawas, H. Hendra Gunawan dalam sambutan singkatnya mengucapkan terima kasih kepada Gubenrur Sumsel Herman Deru beserta rombongan yang berkenan berkunjung di dusun Sri Pengantin yang masih  butuh banyak perhatian dari pemerintah.

"Alhdamulilah, semoga drngan kehadiran pak Gubernur kebanggan kita ke tempat ini. Akan menjadi motovasi bagi warga di sini.  Ini Gubernur pertama kali yang memijakan kaki di Sri Menanti," pungkasnya.



# Gan | Humas Sumsel

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Selasa 15 Oktober 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS