Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Wednesday, April 10, 2019

Gubernur Herman Deru: Apapun Profesi Kita, Keamanan dan Keselamatan Paling Utama


Palembang(SUMSEL).BM- Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi dan Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru membuka sosialisasi Keselamatan Pelayaran dan Sarana Transfortasi Pendukung,  betempat diterminal pelabuhan Boombaru Palembang, Rabu (10/4) pagi.

Dalam pidatonya Gubernur Sumsel H. Herman Deru menegaskan kembali akan pentingnya masalah keselamatan. Bahkan  apapun profesi dan aktifitas yang dilakukan  tetap harus mengedepankan keamanan dan keselamatan.

"Untuk pelayaran urusan peralatan keselamatan dan keamanan wajib diperhatikan," tegasnya.

Terkait dengan kondisi terminal pelabuhan Boombaru yang terus mengalami penyempitan seiring dengan tingginya aktifitas pelabuhan. Gubernur berharap pada Menhub untuk dilakukan perluasan.

"Sebagai ungkapan rasa bangga saya. Pada hari ini. Saya titip hadiah untuk peserta sosialisasi yang beruntung. Hadiahnya ibadah umroh untuk satu orang yang hadir baik  dia tukang becak, pedagang atau siapa saja, yang beruntung," imbuhnya.

Dilain pihak Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi dalam arahannya menilai, pembangunan di Sumsel sudah banyak menuai kemajuan.  Oleh karena itu masalah Keselamatan juga menjadi hal yang utama diperhatikan khususnya bidang pelayaran.

"Inilah alasan Saya minta pada pihak terkait untuk terus melakukan sosialisasi dalam keselamatan ini. Bismilah, sosialisasi keselamatan pelayaran  ini secara resmi kita buka," kata Menhub.

Sebelumnya Capt Mugen Sartoto selaku Ketua panitia kegiatan sosialisasi yang juga selaku Kepala Kantor Kesahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Palembang, dalam laporannya menegaskan, sejauh ini sudah banyak kasus kecelakaan terjadi di perairan Sungai Musi dengan korban tidak sedikit.

"Sosialisasi ini bertujuan untuk menekan angka kecelakaan di perairan dengan melibatkan Dishub, Polairut, Becukai, pelabuhan Boombaru dan Basarnas. Kegiatan ini melibatkan peserta   sekitar tiga ribu orang lebih. Diisi dengan sejumlah kegiatan karena keselamatannya hal utama yang harus diperjuangkan," lapornya.

Masih diacara yang sama Danlanal Palembang Letkol Laut (P) Saryanto mengakui kasus kecelakaan speedboad di Sumsel masih tinggi karena itu pihaknya mengingatkan para pengguna perairan untuk taat aturan dalam pelayaran.

"Jika kapasitas angkut speedboad terbatas jangan memaksakan diri. Utamakan keselamatan. Pelampung dan sarana keselamatan pelayaran lainnya itu sangat penting. Jika naik speedboad lihat dulu peralatan keselamatannya ada atau tidak. Jalur evakuasi juga harus diketahui. Dan  yang paling penting sat terjadi insiden jangan panik. Sikapi dengan tenang. Kita  dari Angkatan Laut siap memberikan pelayanan demi keselamatan dalam pelayaran di Sumsel ini," tandasnya.



# Gan | Humas Sumsel

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 31 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS