Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Saturday, October 28, 2023

Jajaki Peluang Kerja Sama Pengajaran Bahasa Indonesia di Kamboja, KBRI Phnom Penh Bertemu dengan Royal University of Phnom Penh


Phnom Penh(KAMBOJA).BM- Dubes RI untuk Kamboja melakukan pertemuan dengan Vice Rector Royal University of Phnom Penh, Dr. Oum Ravy di Royal University of Phnom Penh (RUPP), Kamboja (25/10). 

Dalam sambutannya, Dubes RI sampaikan maksud dan tujuan kunjungan adalah untuk menjajaki potensi kerja sama di bidang pengajaran Bahasa Indonesia, disamping memperkuat hubungan kerja sama lainnya yang sudah terjalin antara RUPP dengan pihak-pihak di Indonesia, mengingat RUPP merupakan universitas terbesar di Kamboja.

Dalam sambutannya, Dr. Oum Ravy menjelaskan secara singkat profil RUPP. Saat ini RUPP memiliki enam jurusan di Institute of Foreign Languages (IFL), yaitu Bahasa Inggris, Perancis, Jepang, Korea, Tiongkok, dan Thailand, dengan total lima ribu mahasiswa. Jumlah ini menunjukkan peluang pengajaran Bahasa Indonesia kepada para mahasiswa di Kamboja yang cukup besar. Dr. Oum Ravy juga menilai bahwa ketertarikan animo masyarakat Kamboja dengan Indonesia sangat tinggi, terutama dalam aspek kebudayaan.


Vice Rector Dr. Oum Ravy menekankan bahwa dari pengalaman selama ini, program pengajaran bahasa asing dapat dimulai dengan membuka kelas short course dengan pengajar yang didatangkan langsung dari Indonesia. Kedepannya, program pengajaran tersebut dapat menjadi jurusan Bahasa Indonesia yang lebih permanen.

Pengajaran Bahasa Indonesia di Kamboja memiliki peluang relatif besar seiring berkembang pesatnya kerja sama ekonomi antara kedua negara. Dengan kemajuan pertumbuhan ekonomi Kamboja yang pesat mendorong para pelaku bisnis dan Investor dan kalangan pengusaha untuk dapat memahami Bahasa Indonesia dalam berkomuikasi sehari hari.

Sebagai tindak lanjut, Dubes RI tegaskan kembali akan mengkomunikasikan hasil pertemuan ini kepada institusi terkait di Indonesia untuk dapatkan tanggapan positif dan dukungan kongkrit.

Baca Juga

#Gan | KBRI Phnom Penh​

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 31 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS